DIGITAL SIGNATURE DENGAN ALGORITMA SHA-1 DAN RSA SEBAGAI AUTENTIKASI

Abstract views : 76 , PDF downloads : 50
  • Sugiyatno . Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Prima Dina Atika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Keywords: Kriptografi, Algortima RSA, Fungsi HASH, Algoritma SHA-1 Message Digest, Digital Signature

Abstract

Untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia dengan tenaga kerja asing, pada era MEA saat ini diberlakukan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) di seluruh Institusi Perguruan Tinggi di Indonesia. SKPI ini nantinya akan menjadi acuan seseorang dalam melamar pekerjaan di suatu instansi / perusahaan. Dan biasanya dalam melamar suatu posisi diperusahaan diperlukan SKPI yang telah dilegalisasi, namun di era digitalisasi ini manipulasi terhadap gambar, teks, atau berkas-berkas termasuk dokumen atau sertifikat hasil test, sangat mudah dilakukan. Sehingga dapat memberikan celah untuk melaksanakan praktik pemalsuan dokumen sertifikat. Dokumen digital merupakan salah satu solusi untuk mengantisipasi terjadinya pemalsuan atau perubahan dalam suatu dokumen, tentunya dokumen digital ini pun masih perlu pengamanan untuk menghindari perubahan dari isi dokumen oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan cara melakukan autentikasi pada dokumen tersebut. Penerapan Digital Signature dirasa sangatlah tepat sebagai autentikasi pada suatu dokumen, yang mana Digital Signature ini berfungsi sebagai penanda pada suatu dokumen yang memastikan bahwa dokumen tersebut adalah asli dan tidak pernah dimodifikasi. Untuk memberikan metode proteksi maksimum untuk keabsahan suatu digital signature. Adapun metode pembuatan digital signature adalah dengan menerapkan algoritma SHA-1 dan RSA yang dirasa cukup untuk memberikan jaminan otentikasi pengirim dan penerima dokumen digital yang telah didistribusikan.

References

A. Suhendar and Hariman Gunadi. 2002. Visual Modeling Menggunakan UML dan Rational Rose. Informatika. Bandung.

A.S. Rosa dan Salahuddin M. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Modula. Bandung.

Daqili, Ibnu. 2011. Framework Codeigniter: Sebuah Panduan dan Best Practice. E-book: koder.web.id. Pekanbaru.

Falani, A.Z. 2014. Sistem Pengaman File dengan Menggunakan Metode RSA Kriptografi & Digital Signature. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama, Surabaya.

Lethbridge, T. and Laganiere, R. (2002). Object-Oriented Software Engineering: Practical Software Development using UML and Java. McGraw-Hill Education. New York.

Lycho, A.P. 2012. Analisis Penerapan Digital Signature Sebagai Pengamanan Pada Fitur Workflow – DMS (Document Management System). Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Munir, Rinaldi. 2006. Kriptografi. Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Munir, Rinaldi. 2004. “Otentikasi dan Tandatangan Digital (Authentication and Digital Signature”, IF5054 Kriptografi, Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Saipul. 2010. Implementasi Tanda Tangan Digital Menggunakan Fungs Hash Algoritma SHA-256 dan RSA dalam Proses Otentikasi Data. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Sinlae, A.A.J. 2012. Analisis Kriptosistem Menggunakan Digital Signature berbasis Algoritma SHA-512 dan RSA. Magister Sistem Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Supriyanto, Aji. 2009. Pemakaian Kriptografi Kunci Publik untuk Proses Enkripsi dan Tanda Tangan Digital pada Dokumen E-Mail. Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank, Semarang.

Wahyuni, Ana. 2011. Aplikasi Kriptografi untuk Pengamanan E-Dokumen dengan Metode Hybrid : Biometrik Tandatangan dan DSA (Digital Signature Algorithm). Universitas Diponegoro, Semarang.

Whitten, J.L. et.al. 2004. Systems Analysis and Design Methods. McGraw-Hill Education. New York.

Yuana, Rosihan Ari. 2015. Panduan Praktis OOP di PHP. E-book: blog.rosihanari.net. Solo.
Published
2018-10-31
How to Cite
., S., & Atika, P. (2018). DIGITAL SIGNATURE DENGAN ALGORITMA SHA-1 DAN RSA SEBAGAI AUTENTIKASI. Jurnal Cendikia, 16(2 Oktober), 74-83. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/10.2313%2Fjc.v16i1%20Oktober.104
Section
Articles