SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSANUNTUK MENENTUKAN BIBIT PADI TERBAIKMENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Abstract views : 64 , PDF downloads : 52
  • Adi Prasetia Nanda
  • Sucipto .
  • Elisabet Yunaeti Anggraeni
Keywords: Padi,Simple Additive Weighting (SAW), Sistem Pendukung Keputusan.

Abstract

Petani di Indonesia khususnya di Kabupaten Tanggamus saat ini sedang  mengalami penurunan hasil panen yang siginifikan karena disebabkan oleh keadaan cuaca yang tidak menentu, bibit padi yang kurang berkualitas dan lain-lain. Dari beberapa uraian masalah tersebut, maka dibuatlah suatu sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weight (SAW) yang akan memberikan informasi dan membantu para petani dalam menentukan keputusan mengenai bibit padi yang akan digunakan. Bibit padi yang baik sangat penting sekali bagi para petani karena bibit padi merupakan faktor terpenting dalam keberhasilan panen para petani. Maka dari itu penulis mengambil judul “Sistem pendukung Keputusan Untuk Menentukan Bibit Padi Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)“. Permasalahaan Pada Penelitian ini adalah bagaimana cara untuk membantu para petani memilih bibit padi terbaik yang cocok di tanam di musim yang tidak menentu saat ini. Jika para petani dapat memilih dan menentukan bibit padi yang baik maka akan mendapatkan hasil panen yang sesuai dengan keinginan, maka dibuatlah sistem pendukung keputusan pemilihan bibit padi terbaik menggunakan metode simple additive weight (SAW) yang akan memberikan informasi dan membantu para petani dalam pengambilan keputusan mengenai bibit padi yang akan mereka gunakan. Bibit padi terbaik sangat penting sekali bagi para petani karena bibit padi merupakan faktor utama dan penentu keberhasilan di waktu panen.Dengan adanya masalah tersebut maka diperlukan sistem pendukung keputusan untuk menentukan pemilihan bibit padi terbaik pilihan masyakarat dengan menggunakan metode simple additive weight (SAW).

References

[1] N. Fitriyani and S. Ipnuwati, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Ketua OSIS Menggunakan Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : MTsN Model TalangPadang),” Prociding Kmsi, vol. 5, no. 1, pp. 412–419, 2017, [Online]. Available: http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/procidingkmsi/article/view/451.
[2] M. dan M. A. M. B. Hidayat, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Hotel Dengan Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis WEB,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 6–7, 2016.
[3] R. Tejasukmana Putra, S. Adi Wibowo, and Y. Agus Pranoto, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Blt Di Kecamatan Sampang Menggunakan Metode Saw Dan Metode Ahp Berbasis Web,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 321–327, 2021, doi: 10.36040/jati.v5i1.3236.
[4] Andi Firmanto, “Sistem Penentuan Penerima Bantuan Langsung Tunai (Blt) Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting),” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.
[5] Setiyawan, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Calon Penerima Bantuan Langsung Tunai (Blt) Pada Desa Sukabumi Kec.Talang Padang Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw),” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.
[6] F. R. H. Sitohang, L. A. M. Siregar, and L. A. P. Putri, “EVALUASI PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS PADI GOGO (Oryza sativa L.) PADA BEBERAPA JARAK TANAM YANG BERBEDA,” vol. 3, no. 2252, pp. 58–66, 2014.
[7] YUNUS ADI PRASETYO, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT PADI UNGGUL MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW),” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2018.
[8] R. T. A. Agus and Mardalius, “Analisis Faktor Prioritas Pemilihan Benih Padi Unggul,” , vol. 89, no. 2, pp. 89–96, 2019.
Published
2022-05-12
How to Cite
Nanda, A., ., S., & Anggraeni, E. (2022). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSANUNTUK MENENTUKAN BIBIT PADI TERBAIKMENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Jurnal Cendikia, 22(01), 1-6. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/406
Section
Articles