MEMBANGUN APLIKASI WEBGIS UNTUK TEMPAT IBADAH DI PROVINSI LAMPUNG

Abstract views : 18 , PDF downloads : 11
  • Sukatmi . AMIK Dian Cipta Cendikia
  • Farida Ari Ani AMIK Dian Cipta Cendikia
Keywords: Aplikasi Webgis, Extreme Programming, Unified Modelling Language, HTML, PHP, MySQL

Abstract

Tempat ibadah merupakan sebuah sarana penting bagi umat manusia dalam melaksanakan kewajiban beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Di provinsi Lampung, pencarian lokasi tempat beribadah tersebut masih dilakukan dengan cara bertanya kepada masyarakat sekitar sehingga menyulitkan wisatawan dalam mencari tempat untuk beribadah. Oleh karena itu perlu dibangun sebuah sistem yang dapat mempermudah wisatawan dalam mencari lokasi tempat ibadah yang ada di Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi WebGIS yang dapat digunakan untuk mencari tempat ibadah secara online. Teknik pengumpulan data yang diguankan adalah studi pustaka dan observasi. Metode Pengembangan Sistem yang digunakan Extreme Programming, yang memiliki keunggulan pengembangan sistem yang lebih cepat dan proses pengembangan lebih responsive. Alat pengembangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML) yang meliputi use case diagram, class diagram dan activity diagram. Adapun bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML dan PHP dengan database MySql. Aplikasi WebGis dapat digunakan oleh semua orang untuk mencari tempat ibadah yang ada di provinsi Lampung dengan dilengkapi fasilitas dari google maps berikut dengan informasi mengenai fasilitas yang ada di tempat ibadah masing-masing.

References

Arna, Fariza.,2016, Sistem Informasi Geografis Tempat Peribadahan WilayahSurabaya,skripsi,Surabaya.

Bambang,Robi’in., 2008,Sistem Informasi Geografis SDA Indonesia BerbasisWeb, jurnal informatika, Yogyakarta.

Ekadinata A, Dewi S, Hadi D, Nugroho D, dan Johana F. 2008. Sistem Informasi Geografis Untuk Pengolahan Bentang Lahan Berbasis Sumber Daya Alam Buku 1: Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh Menggunakan ILWIS Open Source. World Agroforestry Centre. Bogor.

Hafiz, Aliy. "Mengukur Kualitas Website dengan Pendekatan Webqual 4.0 Modifikasi." Prosiding Seminar Nasional Darmajaya.Vol. 1.No. 1. 2017.

Kadir, Abdul. 2008. Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi Offset.
Sidik, B. 2005.Pemrograman Web dengan HTML,Bandung: cet, ke-4, Informatika.

Sugiarti, Yuni. 2013. Analisis dan Perancangan UML (Unified. Modeling Languege). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2018-11-06
How to Cite
., S., & Ani, F. (2018). MEMBANGUN APLIKASI WEBGIS UNTUK TEMPAT IBADAH DI PROVINSI LAMPUNG. Jurnal Cendikia, 16(1 Oktober), 115-119. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/110
Section
Articles