PENERAPAN E-GOVERMENT PADA PEKON SUKAMULYA (STUDI KASUS : PEKON SUKAMULYAPRINGSEWU)

Abstract views : 42 , PDF downloads : 32
  • Eka Ridhawati STMIK Pringsewu
  • Yuri Fitrian STMIK Pringsewu
  • Dita Novita Sari STMIK Pringsewu
  • Panji Andika P. STMIK Pringsewu
  • Ridho Pratama STMIK Pringsewu
Keywords: E-Government, SistemInformasi, PekonSukamulya

Abstract

Era globalisaisaatini, peran E-Government sangat dibutuhkan dalam sistem pemerintahan, karena dapat digunakan untuk mempermudah dalam penyampaian informasi dan diharapkan mampu menghadapi perubahan sesuai dalam UU No 11 Tahun 2008. E-government adalah istilah yang sangat popular saat ini, dimana secara umum E-government adalah upaya mengaplikasikan pelayanan kepemerintahan melalui sistem informasi berbasis komputer. Implementasi E-Government dalam upaya peningkatan potensi Pekon Sukamulya merupakan salah satu media untuk digunakan dalam mempermudah penyampaian informasi dan potensi desa. Dimana sebelumnya system yang digunakan masih manual sehingga proses yang butuhkan sangat lambat dan tidak menutup kemungkinan data yang dimasukan kurang akurat dan tepat. Dengan adanya system ini diharapkan mampu meminimalisir kesalahan data dan waktu pengerjaan yang lebih cepat. Penulis membangun aplikasi yang bertema “implementasi E-government pada Pekon Sukamulya berbasis webmobile. Pada proses pembuatan E-Government ini menggunakan metode SDLC dan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studipustaka. Pada metode SDLC memiliki beberapa tahap Yang meliputita hapan perencanaan, analisis, desain, dan implementasi sistem. Dalam pembuatan web mobile menggunakan tehnikt erstruktur menggunakan bahasa pemograman PHP dan basis data MySQL.

References

A. Akbar and D. I. Sensuse, “Pembangunan Model Electronic Government Pemerintahan Desa Menuju Smart Desa,” vol. 5, no. 1, pp. 1–5, 2018.

S.Hartati and R. Wijaya, “Implementasi Web Government Sebagai Media Informasi potensi Desa Sukaraja,” vol. 7, pp. 1–6, 2016.

I.Khotimah, “Pembuatan SIPODES Berbasis Web pada Desa Purworejo Kecamatan Padang Ratu Sebagai salah satu upaya menuju Electronic Government.”

E.Septiana Rachman and B. Noviyanto, “Pemanfaatan E-government pada desa wonokarto untuk meningkatkan akurasi dan informasi potensi desa,” vol. 8, no. 1, pp. 45–50, 2017.

A.Aurina Haryono, “Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Pacitan,” vol. 4, no. 3, pp. 1–9, 2012.

O.Somantri and I. D. Hasta, “Implementasi eGovernment Pada Kelurahan Pesurungan Lor Kota Tegal Berbasis Service Oriented Architecture ( SOA ),” vol. 2, no. 1, pp. 23–29, 2017.

Y.Utama, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prioritas Penanganan Perbaikan Jalan Menggunakan Metode Saw Berbasis Mobile Web,” vol. 5, no. 1, pp. 566–579, 2013.
Published
2019-04-30
How to Cite
Ridhawati, E., Fitrian, Y., Sari, D., P., P., & Pratama, R. (2019). PENERAPAN E-GOVERMENT PADA PEKON SUKAMULYA (STUDI KASUS : PEKON SUKAMULYAPRINGSEWU). Jurnal Cendikia, 17(1 April), 246-250. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/196
Section
Articles