PERANCANGAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN PEMINATAN PADA AMIK DIAN CIPTA CENDIKIA BANDAR LAMPUNG

Abstract views : 93 , PDF downloads : 0
  • Pitrawati Pitrawati AMIK Dian Cipta Cendikia
Keywords: Tsukamoto, Sistem Penunjang Keputusan, Peminatan

Abstract

Standar mutu kompetensi lulusan setiap Perguruan Tinggi merupakan kewajiban yang harus dipenuhi untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkompeten. Pemenuhan standar mutu kompetensi lulusan tidak terlepas dari proses pembelajaran. AMIK Dian Cipta Cendikia memberikan pilihan peminatan yang dibutuhkan oleh stakeholder sesuai bakat dan kompetensi dasar yang dimiliki oleh Mahasiswa. Pemilihan peminatan yang tidak tepat mengakibatkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran, rendahnya hasil belajar dan berimbas pada tidak tercapainya standar mutu pembelajaran dan lulusan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem pendukung keputusan dengan metode FIS Tsukamoto pada program studi manajemen informatika, AMIK Dian Cipta Cendikia. Metode yang digunakan fuzzy inference system dengan teknik tsukamoto dengan pemanfaatan tools matlab dan salah satu uji coba dengan menggunakan microsoft excel.

Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem penunjang keputusan dengan metode FIS Tsukamoto dalam pemilihan peminatan yang diharapkan memberikan rekomendasi kepada Mahasiswa dan Program Studi sehingga dapat mengurangi tingkat kesulitan belajar mahasiswa, meningkatnya hasil belajar mahasiswa dan tercapainya standar mutu pembelajaran dan lulusan di AMIK Dian Cipta Cendikia. Sistem penunjang keputusan ini telah dilakukan uji coba dengan menggunakan Microsoft Excel dengan memasukan nilai kemampuan dasar, nilai kemampuan bahasa inggris dan nilai bakat kedalam persamaan masing-masing variabel untuk mendapatkan nilai rekomendasi peminatan.

References

1.Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta. 2006.
2.Moh. Nazir, Metodologi Penelitian, Ghalia Indonesia, Bogor. 2014
3.Naba Agus, 2009, Tutorial Mudah & Cepat Fuzzy Logic dengan MatLab, edisi 1, Malang, Agus Naba, 2009.
4.Rinaldi Munir, 2011, Fuzzy Logic dengan Menggunakan MATLAB, http://informatikastei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/MetNum/2011-2012/Fuzzy%20dengan%20Matlab.pdf
5.Setiadji, Himpunan & Logika Samar serta Aplikasinya, Yogyakarta: Graha Ilmu.2009.
6.Sri Kusumadewi, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Sistem Pendukung Keputusan Edisi Pertama.Yogyakarta: Graha Ilmu. 2003.
7.Turban, Efraim, Decision Support Systems and Intellegents System, 9th Edition, Pearson/Prentice Hall. 2011.
Published
2017-04-03
How to Cite
Pitrawati, P. (2017). PERANCANGAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN PEMINATAN PADA AMIK DIAN CIPTA CENDIKIA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Cendikia, 14(2 Oktober), 22-28. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/27
Section
Articles