Implementasi Pengamanan Basis Data Dengan Teknik Enkripsi

Abstract views : 85 , PDF downloads : 172
  • Putra Rahmadi Universitas Mitra Indonesia
  • Hilda Dwi Yunita Universitas Mitra Indonesia
Keywords: Enkripsi, Kriptografi, Dekripsi

Abstract

Pengamanan terhadap jaringan komputer yang terhubung dengan basis data sudah tidak lagi menjamin keamanan data karena kebocoran data dapat disebabkan oleh “orang dalam” atau pihak – pihak yang langsung berhubungan dengan basis data seperti administrator basis data. Hal ini menyebabkan pengguna basis data harus menemukan cara untuk mengamankan data tanpa campur tangan administrator basis data. Kriptografi dapat digunakan untuk mengamankan data. Oleh karena itu, pengguna basis data membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan keamanan akan data yang disimpannya. Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa di dekripsi (kebalikan dari proses enkripsi) dahulu. Encryption berasal dari bahasa yunani kryptos yang artinya tersembunyi atau rahasia. Dengan diterapkannya enkripsi maka dapat mengamankan sebuah file data yang merupakan data penting dimana hanya orang tertentu saja yang berhak mengetahui. Hasil penelitian ini menghasilkan dengan adanya program pengaman basis data dengan teknik enkripsi ini mengurangi resiko pencurian data dan kebocoran data ke pihak – pihak luar.

References

Bahri Saipul, Diana, Susan Dian Ps. 2012. Studi Dan Implementasi Pengamanan Basis Data Menggunakan Metode Enkripsi Md5. Palembang. Universitas Bina Darma.

Komputer Wahana. 2015. Membuat Aplikasi Kreatif Dengan Visual Basic .Net 2012. Semarang. CV Andi Offset.

Kustian Nunu. 2014. Sistem Informasi Pengamanan Basis Data Menggunakan Teknik Enkripsi Bagian Tata Usaha Lembaga Sandi Negara. Jakarta. Jurnal Univesitas Indraprasta.

Muis Saludin, Dr., Ir., M. Kom. 2013. Pengantar Kriptografik Kuantum, Teknik
Enkripsi Masa Depan. Jakarta. Graha Ilmu.

Purwanto Hari. 2016. Penerapan Keamanan Basis Data Dengan Teknik Enkripsi. Makasar. Universitas suryadarma.

Rosa A. S and M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, 2nd ed. Bandung, Indonesia: Informatika.

Rizki Alfiasca, Pantjawati, Sudarmaningtyas. 2014. Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Arsip Rumah Sakit Bedah Surabaya Berbasis Web. JSIKA Vol 3, No 1. STMIK STIKOM Surabaya

Sutarman. 2013. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2020-04-06
How to Cite
Rahmadi, P., & Yunita, H. (2020). Implementasi Pengamanan Basis Data Dengan Teknik Enkripsi. Jurnal Cendikia, 19(1), 413-418. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/331
Section
Articles