Sistem Informasi Geografis Puskesmas Di Bandar Lampung

Abstract views : 86 , PDF downloads : 76
  • Sukatmi . AMIK Dian Cipta Cendikia
  • Rika Maliya AMIK Dian Cipta Cendikia
Keywords: Sistem Informasi Geografis, Puskesmas, eXtreme Programming, Unified Modelling Language.

Abstract

Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System/GIS) atau sering juga disebut dengan Sistem Informasi Geospasial merupakan suatu sistem informasi yang digunakan untuk menyusun, menyimpan, merevisi dan menganalisis data dan atribut yang bereferensi kepada lokasi atau posisi obyek-obyek di bumi. Hampir semua pekerjaan saat ini memerlukan informasi yang relevan di atas peta (digital) yang mampu menyajikan analisa database dan dapat di-update dengan mudah.Salah satu pemanfaatan sistem informasi geografis di bidang kesehatan yaitu dapat mencari lokasi puskesmas.Puskesmas merupakan kesatuan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan (Depkes, 2009).Mengingat begitu pentingnya Puskesmas bagi masyakarat, khususnya di wilayah Bandar Lampung, maka  sudah saatnya dibangun Sistem Informasi Geografis Puskesmas yang ada di Kota Bandar Lampung.  Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini adalah  eXtreme Programming. Alat pengembangan sistem yang digunakan adalah Unified Modelling Language yang meliputi usecase diagram, class diagram dan activity diagram.Adapun bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java Programming.Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem informasi geografis puskemas di Bandar Lampung. Output yang dihasilkan meliputi lokasi dan informasi yang berhubungan dengan nama puskesmas yang ada di Bandar Lampung.

References

Budiyanto, E, 2005, Sistem Informasi Geografis Menggunakan Arcview GIS. Andi Offset: Yogyakarta.

Capritasari, Noviasnita, 2013, Sistem Informasi Geografis Pemetaan dan Pencarian Lokasi Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit, Klinik, dan Puskesmas di Kabupaten Sleman berbasis Web, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta..

Kadir, Abdul, 2012,Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta, Andi Publisher.

Prahasta, Eddy, 2009, Sistem Informasi Geografis : Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika), Bandung, Informatika Bandung.

Priyani Tutty, 2014, Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Lokasi Balai Kesehatan yang Bekerjasama Dengan BPJS Dengan Menggunakan Metode Waterfall, Universitas Bandar Lampung.

Sugiarti, Yuni. 2013. Analisis dan Perancangan UML (Unified. Modeling Languege). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahana Komputer, 2011, Adobe Dreamweaver CS5 Untuk Beragam Desain Website Interaktif, Yogyakarta, Andi .

Wahana Komputer, 2009, Java Programming, Yogyakarta, Andi Offset.
Published
2020-04-06
How to Cite
., S., & Maliya, R. (2020). Sistem Informasi Geografis Puskesmas Di Bandar Lampung. Jurnal Cendikia, 19(1), 419-423. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/332
Section
Articles