SISTEM INFORMASI PENCARIAN TEMPAT KOS BERBASIS GEOGRAFIS DI BANDAR LAMPUNG

Abstract views : 128 , PDF downloads : 44
  • Euis Mustika P AMIK Dian Cipta Cendikia
Keywords: pencarian kos, extreme programming, UML

Abstract

Tempat kos merupakan sebuah usaha rumahan yang menyediakan tempat atau kamar untuk disewakan kepada yang membutuhkan. Daerah Bandar Lampung banyak sekali lokasi tempat kos terutama di daerah lokasi kampus maupun sekolah. Pada saat ini pencarian lokasi tempat kos masih dilakukan secara manual sehingga menyulitkan para pencari kos khususnya pelajar maupun mahasiswa dalam pencarian tempat kos. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah pencarian lokasi kos oleh pelajar maupun mahasiswa sedangkan bagi pemilik kos menjadi sarana promosi tempat kos yang baik untuk memasarkan tempat kos miliknya. Dari permasalahan di atas maka penulis merancang sebuah sistem informasi pemesanan berbasis web dan basis data dengan menggunakan perangkat lunak Notepate ++, databaseMySQL. Alat pengembangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML)menggunakan usecase diagram, diagram activity, sequence diagram danclass diagram. Metode pengembangan sistem yang digunakan extreme programming, yang memiliki keunggulan pengembangan sistem yang lebih cepat dan proses pengembangan lebih responsive terhadap kebutuhan pelanggan. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi (pengamatan), wawancara dan studi pustaka. Data yang digunakan adalah berasal dari populasi dan sampel yang terdiri dari pemilik kos, pelanggan yang memesan tempat kos. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Berbasis Geografis di Bandar Lampung. Dengan system ini informasi lokasi tempat kos dapat diperoleh pencari koskosan dengan mudah dan cepat, proses pencarian dan pemesanan menjadi lebih mudah dan efisien, serta laporan pemesanan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat oleh pemilik kos. Hal ini dapat meningkatkan usaha penyewaan tempat kos tersebut sehingga dapat mengikuti perkembangan persaingan usaha yang semakin ketat.

References

Mohamad Subhan. 2012.Analisa Perancangan Sistem. Jakarta : Penerbit Lentera Ilmu Cendekia. Mustakini, Jogiyanto Hartono. 2012.Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi. Rosa A.S. M. Shalahudin.2013.Rekayasa Perangkat Lunak.Terstruktur dan Berorientasi Objek.Bandung:Penerbit Informatika. Sutarman.2012.Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. YeniKustiyahningsih - Devie Rosa Anamisa. 2011.Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MYSQL. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu. Tata Sutabri. 2012.Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi. Yuhefizar, Rahmat Hidayat. 2006. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Managemen System Joomla. Jakarta:Penerbit Elex Media Komputindo.
Published
2018-05-11
How to Cite
P, E. (2018). SISTEM INFORMASI PENCARIAN TEMPAT KOS BERBASIS GEOGRAFIS DI BANDAR LAMPUNG. Jurnal Cendikia, 15(2 Oktober), 13-18. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/39
Section
Articles