SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PADA JASA LOUNDRY DI BANDAR LAMPUNG

Abstract views : 106 , PDF downloads : 107
  • pitrawati . AMIK Dian Cipta Cendikia
  • verawati .
Keywords: Loundry, SIG, Web

Abstract

Perkembangan sistem informasi yang saat ini semakin berkembang untuk membantu kebutuhan informasi masyarat dengan mobilitas yang tinggi. Salah satu aplikasi yang mampu memberikan informasi lokasi dengan cepat adalah sistem informasi geografis. Sistem Informasi Geografis sebagai suatu sistem yang berbasis komputer dan memiliki kemampuan dalam menangani data bereferensi geografis yaitu penyimpanan data, manajemen data (penyimpanan dan pemanggilan kembali), manipulasi dan analisis data, serta keluaran sebagai hasil akhir (output). Hasil akhirnya dapat dijadikan acuan untuk pengambilan keputusan. SIG bisa menjadi alat yang sangat penting pada pengambilan keputusan untuk pembangunan berkelanjutan. Karena SIG memberikan informasi pada pengambil keputusan untuk analiss dan penerapan database keruangan. Aktifitas masyarat yang semakin tinggi membuat kebutuhan terhadap jasa loundry semakin tinggi, namun dalam proses pencarian lokasi loundry sering mengalami kesulitan, sehingga dibutuhkan adanya aplikasi berbasis web untuk dapat membantu masyarakat dengan tingkat mobilitas yang tinggi dengan cepat.

 

Metode pengembanganya digunakan untuk pembuatan Sistem Informasi Geografis pada jasa loundry di Bandar Lampung adalah Extreme Programming (XP). Perancangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML), Class Diagram, Use Case dan Activity Diagram serta metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan langsung dan studi pustaka.

 Penelitian ini menghasilkan Sistem Informasi Geografis yang dapat mempermudah dalam pencarian lokasi jasa loundry di Bandar Lampung. Fitur-fitur yang terdapat dari sistem ini memberikan kemudahan informasi lokasi loundry yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

References

Anon. (1989). Libraries. Pasific. Information Bull.
A.S Rosa, dan M.Shalahuddin. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika
Burrough.P, (1986). Principle of Geographical Information System for Land Resources Assesment, Oxford, Claredon Press.
Denny Charter, Irma Agtrisari (2003). Desain dan Aplikasi GIS, Geographic Information System, Jakarta. P.T. Gramedia.
Edy Prahasta. (2005). Sistem Informasi Geografis. Edisi Revisi, Cetakan Kedua. Bandung. C.V.Informatika.
Kang-Tsung Chang, (2002). Introduction to Geographic Information System, Mc.Graw-Hill
Published
2022-04-22
How to Cite
., pitrawati, & ., verawati. (2022). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PADA JASA LOUNDRY DI BANDAR LAMPUNG. Jurnal Cendikia, 22(01), 37-43. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/411
Section
Articles