SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LOKASI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) DI BANDAR LAMPUNG

Abstract views : 193 , PDF downloads : 68
  • Reni Astika Program Studi Manajemen Informatika, AMIK Dian Cipta Cendikia Bandar Lampung
Keywords: Pemetaan Lokasi Bank BRI, Metode Xtreme Programming, Macromedia Dreamweaver CS5 dan MySQL

Abstract

Kota Bandar Lampung memiliki luas wilayah 197,22 Km2 Atau 19.722ha. terdiri dari 20 Kecamatan dan 98 Kelurahan. Secara geografis Kota Bandar Lampung terletak pada 50 20’ sampai dengan 50 30’ lintang selatan dan 1050 28’ sampai dengan 1050 37’ bujur timur. Dilihat dari letak geografis Bandar Lampung yang cukup luas, tidak semua masyarakat mengetahui letak layanan Bank BRI serta kesulitan mencari infomasi tentang layanan Bank BRI yang ada di Bandar Lampung. Dari permasalahan tersebut maka penulis merancang sebuah Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pemetaan Bank BRI dengan menggunakan perangkat lunak Macromedia Dreamweaver CS5, menggunakan database MySQL dan menggunakan metode Xtreme. Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria WIratmaja dengan nama De Poerwokertosche Hulp Spaar bank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto". Suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Bank Rakyat Indonesia hingga saat ini melayani simpanan, tabungan dan jasa keuangan lainnya, serta memiliki anak perusahaan seperti Bank BRI Programming. Keunggulan sistem ini menghasilkan sebuah Sistem Informasi Geografis Pemetaan Bank BRI yang dihasilkan dan diusulkan pemetaan sesuai data-data Bank berdasarkan jenis-nya. Tujuan dari pembuatan Aplikasi ini adalah : Karena tidak semua masyarakat mengetahui tata letak dan informasi kantor layananan Bank BRI di Bandar Lampung yang nanti akan terus dikembangkan untuk kedepannya.

References

Charter, 2003, Konsep Dasar Web Gis, Ilmukomputer.com.
Jogiyanto,H.M, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi Offset. Y ogyakarta.
ISSN: 0216-9436
Betha Sidik,Ir, Husni I, Pohan, Ir, M.Eng, 2012, Pemograman Dengan HTML. Penerbit Informatika. Bandung.
Falah, Wahyu, M.Si, 2015, Menggambar Peta dengan ARCGIS 10.1, Yogyakarta, Andi.
Prahasta, Eddy, 2009, Sistem Informasi Geografis :Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika), Bandung, Informatika Bandung.
Ajib Susanto dan Taufiq Zulliansyah, 2011,
Dalam penelitian ini yang berjudul rancang bangun mobile GIS(geographic information system) pencarian lokasi ATM BNI Semarang.
Much Aziz Muslim ,2013, Dalam penelitian ini yang dengan judul Web Gis untuk Bank Swasta di kota Semarang.
Published
2017-10-01
How to Cite
Astika, R. (2017). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LOKASI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) DI BANDAR LAMPUNG. Jurnal Cendikia, 15(1 April), 16-19. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/6
Section
Articles