IMPLEMENTASI QUEUE TREE UNTUK MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN ROUTER BOARD MIKROTIK

Abstract views : 161 , PDF downloads : 107
  • Didi Susianto AMIK Dian Cipta Cendikia

Abstract

Router Mikrotik adalah salah satu vendor baik hardware dan software yang menyediakan fasilitas untuk membuat router. Salah satunya adalah Router Mikrotik, ini adalah Operating system yang khusus digunakan untuk membuat sebuah router dengan cara menginstal nya ke komputer. Fasilitas atau tools yang di sediakan dalam Router Mikrotik sangat lengkap untuk membangun sebuah router yang handal dan stabil. Banwidth merupakan bagian terpenting dalam melayani jasa layanan internet, oleh karena itu bandwidth harus diatur atau dimanagemen dengan baik agar dapat memaksimalkan koneksi internet. Manjemen bandwidth adalah untuk membagi besarnya bandwidth yang dibutuhkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cisco Lifecycle Services dirancang untuk mendukung jaringan berkembang. Cisco Lifecycle Services adalah pendekatan enam tahap.Tiap tahap mendefinisikan aktifitas yang dibutuhkan untuk sukses menyebarkan dan mengoperasikan teknologi jaringan. Hal ini juga rincian bagaimana mengoptimalkan kinerja di seluruh siklus hidup suatu jaringan.

References

Ali P, A. 2008. Menjadi Administrator Jaringan Nirkabel. Andi Offset, Yogyakarta.
Geonet_comp. 2007. http://www.forummikrotik.com/qos-and-traffic-shaping/302-implementasi-penggunaan-pcq-bagi-isp-untuk-mendapatkan-hasil-yang-maksimal.html (19 Agustus 2007 – 00:02).
Rendra Towidjojo, 2012; Teori dan Implementasi Menggunakan Router Mikrotik; Jasakom
Syafrizal, M. 2005. Pengantar Jaringan Komputer. Andi Offset, Yogyakarta.
Anonim, 2008. http://www.mikrotik.com/testdocs/ros/3.0/ (18 Februari 2008 – 4:14 GMT).
http://mikrotik.co.id/download.php
http://www.mikrotik.com
Published
2016-04-14
How to Cite
Susianto, D. (2016). IMPLEMENTASI QUEUE TREE UNTUK MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN ROUTER BOARD MIKROTIK. Jurnal Cendikia, 14(1 April), 1-7. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/84
Section
Articles