MODEL PERANGKAT LUNAK BISNIS GAMIFIKASI DALAM MENGEVALUASI PRODUKTIVITAS KINERJA KERJA KARYAWAN

Abstract views : 60 , PDF downloads : 93
  • Mohamad Farozi AMIK Lembah Dempo Pagar Alam

Abstract

Produktivitas kinerja kerja karyawan berhubungan langsung dengan kemampuan karyawan untuk mengelola efisiensi berbagai input yang akan ditranformasikan guna menghasilkan output berdasarkan standar yang telah ditentukan. Bekerja dalam situasi yang tidak harmonis dan tidak kondusif dapat menjadikan karyawan tidak bersemangat dalam bekerja sehingga dapat berpengaruh menurunnya produktivitas kinerja kerja karyawan tersebut. Kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan banyak ditentukan oleh sejauh mana sistem yang ada di perusahaan tersebut mampu menunjang, memberikan motivasi dan memuaskan keinginan baik dari pegawai maupun dari organisasi perusahaan. Sistem yang mampu memberikan motivasi, kesenangan dan hal menarik lainnya agar sumber daya manusia didalam perusahaan menikmati suasana kerja yang nyaman dan terikat (engagement) pada aktivitas pekerjaan walaupun dilakukan secara berulang – ulang dan sama. Perangkat lunak bisnis gamifikasi ini mengintegrasikan penggunaan game elements dan teknik game design ke dalam aplikasi bisnis non-game untuk membantu peningkatan produktivitas dan semangat kerja karyawan dalam suatu perusahaan.

Author Biography

Mohamad Farozi, AMIK Lembah Dempo Pagar Alam

 

Produktivitas kinerja kerja karyawan berhubungan langsung dengan kemampuan karyawan untuk  mengelola efisiensi berbagai input yang akan ditranformasikan guna menghasilkan output berdasarkan standar yang telah ditentukan. Bekerja dalam situasi yang tidak harmonis dan tidak kondusif dapat menjadikan karyawan tidak bersemangat dalam bekerja sehingga dapat berpengaruh menurunnya produktivitas kinerja kerja karyawan tersebut. Kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan banyak ditentukan oleh sejauh mana sistem yang ada di perusahaan tersebut mampu menunjang, memberikan motivasi dan memuaskan keinginan baik dari pegawai maupun dari organisasi perusahaan. Sistem yang mampu memberikan motivasi, kesenangan dan hal menarik lainnya agar sumber daya manusia didalam perusahaan menikmati suasana kerja yang nyaman dan terikat (engagement) pada aktivitas pekerjaan walaupun dilakukan secara berulang – ulang dan sama. Perangkat lunak bisnis gamifikasi ini mengintegrasikan penggunaan game elements dan teknik game design ke dalam aplikasi bisnis non-game untuk membantu peningkatan produktivitas dan semangat kerja karyawan dalam suatu perusahaan.

References

Muflihin, H.(2012) Penilaian Produktivitas Kerja Pegawai. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan.
Suyoko, A. (1996). Mengefektifkan Kinerja. Jakarta : Midas Surya Grafindo
Baniaji, D.(2009) Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Terhadap Hasil Produksi Mebel Pada UD Jepara Asli Surakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta
Oktaria, Y. (2009). Kebosanan Kerja Pada Karyawan Pabrik Unit Peleburan. Jurnal Psikologi.
Castellani, et al. (2013). Game mechanics in support production environments. Xerox Research Centre Europe 6, Chemin de maupertuis, Meylan, France .
Epstein, Z. (2012). Enterprise Gamification for Employee Engagement. Ithaca College.
Geiwitz, P. (1996). Structure of Boredom. Journal of personality and social psychology , 592 – 600.
Huotari, K. and Hamari, J. (2012). Defining gamification: a service marketing perspective. MindTrek '12 Proceeding of the 16th International Academic Mind Trek Conference, (hal. 17-22). Tampere, Finland.
Mondy & Noe. (2005). Human Resources Management. 9th Edition. New Jersey : Pearson, Prentice Hall.
Kleynhans, R., Markham, L., Meyer, W.,and Aswegen, S.V. 2006. Human Resource Management Fresh Perspectives. Person Prentice Hall. South Africa. Page:154.
Kapp, K. M. (2012). The gamification of learning and instruction : game-based methods and strategies for training and education. San Fransisco: Pfeiffer.
Zichermann, G., & Cunningham, C. (2011). Gamification by Design. Sebastopol: O’Reilly Media, Inc.
Published
2016-04-14
How to Cite
Farozi, M. (2016). MODEL PERANGKAT LUNAK BISNIS GAMIFIKASI DALAM MENGEVALUASI PRODUKTIVITAS KINERJA KERJA KARYAWAN. Jurnal Cendikia, 14(1 April), 8-17. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/85
Section
Articles