Pengembangan Aplikasi Pembelian Bahan Baku Bangunan Pada PT. Asenda Bangun Persada Bandar Lampung

Abstract views : 106 , PDF downloads : 121
  • Dini Susilawati AMIK Dian Cipta Cendikia
  • Verawati Verawati AMIK Dian Cipta Cendikia

Abstract

Pembelian bahan baku merupakan pembelian yang di lakukan dengan cara membeli bahan baku ke supplier. Pencatataan pembelian bahan baku yang terjadi pada PT. Asenda Bangun Persada di lakukan dengan cara manual, mengakibatkan terjadinya selisih pencatatan. Oleh karna itu di perlukan sebuah aplikasi pembelian bahan baku berbasis dekstop. Dengan adanya aplikasi pembelian bahan baku ini di harapkan akan dapat melakukan perhitungan pembelian bahan baku, informasi pembelian sampai dengan valid. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem aplikasi pembelian bahan baku pada PT. Asenda Bangun Persada. Pengembangan aplikasi ini menerapkan rancangan dalam bentuk Use case, class diagram, activity diagram dan mengmplementasikan rancangan tersebut kebahasa pemograman java dekstop dan data base mengunakan MySql. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pembelian bahan baku yang mempermudah dalam pengolahan pembelian bahan baku bangunan pada PT. Asenda Bangun Persada sehingga menghasilkan laporan pembelian bahan baku yang relevan, akurat, dan tepat waktu.

References

[1] Eddy Herjanto. 2015, Manajemen Operasi edisi ketiga, Grafindo, jakarta.
[2] R. A. Sukamto dan M. Shalahudin. 2013, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung : Informatika
[3] Safa’at. 2017, Sistem Informasi Pembelian Bahan Baku pada CV.Bunga Jaya di Bandar Lampung
[4] Safaat H, N. 2012, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android, Bandung: Informatika
[5] Susanto, Azhar. 2013, Sistem Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya
[6] Sugiarti Yuni. 2013. Analisis dan Perancangan UML (Unified Modelling Language) Graha Ilmu. Yogyakarta.
[7] Sugiarti. 2006, Sistem Informasi Pembelian Bahan Baku Padda CV. Aneka Ilmu Semarang.
[8] Supriyatna, A. 2018. Metode Extreme Programing pada Bangunan Web Aplikasi Selektif Peserta Pelatihan Kerja. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 1-18. https://doi.org/10.15408/jti.v11i1.66.28.
[9] Maharani Bilqis Sholihah. 2018, Rancang Bangun Palikasi Pembelian Bahan Produksi Berbasis Web Pada UD. Arbain Grafika Surabaya.
Published
2019-06-15
How to Cite
Susilawati, D., & Verawati, V. (2019). Pengembangan Aplikasi Pembelian Bahan Baku Bangunan Pada PT. Asenda Bangun Persada Bandar Lampung. Jurnal ONESISMIK, 2(2), 37-49. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/onesismik/article/view/267
Section
Articles