Perancangan Sistem Pemesanan E-Tiket Pada Wisata Di Lampung Berbasis Web Mobil

Abstract views : 57 , PDF downloads : 48
  • Sukmawati Sukmawati AMIK Dian Cipta Cendikia
  • Didi Susianto AMIK Dian Cipta Cendikia
Keywords: wisata lampung, extreme programming, web mobile

Abstract

Provinsi Lampung merupakan daerah yang  terdapat banyak daerah wisata, tetapi informasi wisata saat ini belum dapat dikembangkan secara maksimal karena promosi tidak maksimal dan lokasi keberadaan wisata tersebut kurang diketahui masyarakat dalam mencari letak wisata. Keterbatasan informasi mengenai wisata tersebut dapat menghambat masyarakat dalam mendapatkan informasi yang diperlukan dengan cepat. Dari permasalahan di atas maka penulis merancang sebuah sistem pemesanan e –tiket pariwisata di Lampung berbasis web mobile dan basis data dengan menggunakan database MySQL. Alat pengembangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling  Language (UML)  menggunakan use case diagram, diagram activity, sequence diagram dan class diagram. Metode pengembangan sistem yang digunakan extreme programming, yang memiliki keunggulan pengembangan sistem yang lebih cepat dan proses pengembangan lebih responsive terhadap kebutuhan pelanggan. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi atau pengamatan, wawancara dan studi pustaka. Data yang digunakan adalah berasal dari populasi dan sampel yang terdiri dari pemilik,  karyawan dan pengunjung. Hasil dari penelitian maka diperoleh program sistem sistem pemesanan e–tiket wisata di Lampung berbasis web mobile. Dengan sistem ini pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan tiket dari wisata secara mudah selain itu proses pembuatan laporan data pengunjung dapat dilakukan dengan cepat dan akurat tanpa harus membuat secara manual. Hal ini dapat meningkatkan kinerja dalam hal pelayanan pengunjung, sehingga dapat meningkatkan keuntungan dalam segi waktu maupun efesiensi bagi wisata tersebut.

References

[1] Mohamad Subhan(2012), Analisa Perancangan Sistem, Penerbit Lentera Ilmu Cendekia. Surabaya.
[2] Azhar Susanto(2013), Sistem Informasi, Penerbit Lingga Jaya, Bandung
[3] Yeni Kustiyahningsih, Devie Rosa Anamisa (2011), Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MYSQL, Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta
[4] Mustakini, Jogiyanto Hartono (2012), Metode Penelitian Sistem Informasi, Penerbit Andi. Yogyakarta.
[5] Deni Rahayu (2015), Sistem Informasi Pelayanan Pengelolan Tiket Di Tempat Wisata De’ranch Lembang, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia, Bandung.
[6] Winda Sari (2013), Sistem Informasi Penjualan Tiket dan Tour berbasis Web ada cv. Four Brother Palembang, STMIK GI MDP.
[7] Firtsyani Imannisa Rahma (2015), Pengembangan Sistem informasi Pemesanan di Wisata Tirta Wolulas, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia, Bandung.
[8] Rosa A.S. M. Shalahudin (2013), Rekayasa Perangkat Lunak.Terstruktur dan Berorientasi Objek, Penerbit Informatika, Bandung.
[9] Sutarman (2012), Pengantar Teknologi Informasi, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Published
2019-06-15
How to Cite
Sukmawati, S., & Susianto, D. (2019). Perancangan Sistem Pemesanan E-Tiket Pada Wisata Di Lampung Berbasis Web Mobil. Jurnal ONESISMIK, 2(2), 60-71. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/onesismik/article/view/269
Section
Articles