MEMBANGUN APLIKASI SISTEM ABSENSI KARYAWAN DENGAN BARCODE PADA PT. LAMBANG JAYA

Abstract views : 128 , PDF downloads : 110
  • Ahmad Siddiq AMIK Dian Cipta Cendikia
  • Pitrawati Pitrawati AMIK Dian Cipta Cendikia

Abstract

PT. Lambang Jaya saat ini masih menerapkan absensi secara manual, hal ini menimbulkan kebocoran waktu dan pelanggaran lainnya. Kedisiplinan karyawan sangat mendukung keberhasilan suatu PT dalam mencapai tujuannya. Salah satu solusi dari permasalahan pada PT. Lambang Jaya yakni merancang dan mengaplikasikan suatu alur kerja sistem istirahat dan membuat sistem aplikasi absensi dan istirahat dengan kecepatan dan ketepatan pengolahan data. Sehingga dibutuhkan suatu sistem absensi karyawan di PT swasta tersebut. Sistem absensi karyawan mencatat data kehadiran karyawan, sakit, ijin, dan tanpa keterangan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Extreme programming (XP). Untuk implementasi perangkat lunak ini menggunakan Apachefriends Xampp 1.6.6a WIN 32, Sublime text dan MySQL 1.4 dipilih sebagai perangkat lunak untuk webserver karena faktor kecepatan, kinerja yang stabil, dan performansi. Dengan adanya Sistem Absensi Karyawan Dengan Barcode di PT. Lambang jaya, proses absensi dan pengelolaan data karyawan dapat diintegrasikan dengan baik sehingga dapat berjalan dengan maksimal. Data absensi karyawan dan data karyawan sudah terintegrasi dalam satu. Sehingga sistem absensi barcode sudah layak untuk digunakan.

References

[1] Abdul Kadir.2009. Membuat Aplikasi Web dengan PHP + Database MySQL. Andi. Yogyakarta.
[2] Ladjamudin. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.
[3] Beck, K. dan Andres, C. 2004. Extreme Programming Explained: Embrace Change, XP Series.
[4] Dodit Suprianto. 2008. Buku Pintar Pemrograman PHP. OASE Media. Bandung.
[5] Jogiyanto, 1999. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, ANDI Yogyakarta, Yogyakarta.
[6] Julius, 2007. Absensi Pegawai. Yogyakarta.
[7] Karimah, E.K. 2012. Pengaruh Stres dengan Kepuasan Kerja Karyawan di Tiga direktorat Operasional PT Perusahaan Listrik Negara (PERSERO). Skripsi Program Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok.
[8] Komang Wiswakarma. 2010. Panduan Lengkap Menguasai Pemrograman CSS. Lokomedia. Yogyakarta.
[9] Roger S. Pressman, Ph.D. 2014. “Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi)”,7th ed, Yogyakarta.
[10]Rosa, A. & Salahuddin, M., 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
[11]Salahuddin, M. R. A., 2013. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek) Cetakan Keempat. Bandung: Informatika.
[12]Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
[13]Tata Sutabri. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.
Published
2020-02-10
How to Cite
Siddiq, A., & Pitrawati, P. (2020). MEMBANGUN APLIKASI SISTEM ABSENSI KARYAWAN DENGAN BARCODE PADA PT. LAMBANG JAYA. Jurnal ONESISMIK, 4(1), 1-8. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/onesismik/article/view/339
Section
Articles