SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SISWA TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SMKN 1 KOTABUMI

Abstract views : 78 , PDF downloads : 57
  • Yuli Syafitri AMIK Dian Cipta Cendikia
  • Elindawati . AMIK Dian Cipta Cendikia
Keywords: SAW, SMK, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Salah sau tujuan kegiatan pendidikan dan pengajaran adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas. Diantara para lulusan tersebut selalu terdapat sau orang yang menjadi lulusan terbaik disetiap angkatan. Ada kalanya menentukan satu orang sebagai lulusan terbaik diantara sekian banyak siswa bukanlah pekerjaan sederhana. Tanpa kriteria yang jelas dan transran, maka proses membuat putusan siswa terbaik dapat menimbulkan kecemburuan dan konflik. Pengambilan keputusan untuk menentukan siswa/siswi lulusan terbaik di suatu sekolah harus akurat, begitu juga di SMKN 1 Kotabumi Masalah yang sering terjadi dalam proses menentukan lulusan terbaik adalah kesulitan dalam mekanisme penilaian yang masih menggunakan sistem manual sehingga membutuhkan waktu yang lama.Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK), yang berfungsi sebagai alat bantu bagi sekolah SMKN 1 Kotabumi dalam pengambilan keputusan pada proses penentuan lulusan terbaik. Agar tujuan dari SPK dapat tercapai dengan baik maka dibantu dengan menggunakan salah satu metode dalam pengambilan keputusan yaitu dengan metode Simple Additive Weighting (SAW).Simple Additive Weighting (SAW) sering juga dikenal istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut. metode SAW membutuhkan proses normalisasi matrik keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada.

References

Darmastuti Destriyana, 2010, Jurnal : Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web Untuk Rekemondasi Pencari Krja Terbaik. Universitas Tanjungpura, Tanjungpura.

Gata Windu, 2013, Sukses Membangun Aplikasi Penjualan Dengan Java, Elex Media, Jakarta.

Indrawaty Youllia, 2011, Jurnal : Implementasi Metode Simple Addtive Weighting Pada Sistem Pengambilan Keputusan Sertifikasi Guru, Institut Teknologi Nasional Bandung, Bandung.

Karismariyanti Magdalena, 2011, Jurnal : Simulasi Pendukung Keputusan penerima Beasiswa Menggunakan Metode Composite Performance Index. Politeknik Telkom, Bandung.

Komputer Wahana, 2010, SQL Server 2008 Express. Wahana Komputer, Semarang.

Solution Cybertron, 2010, Membangun Aplikasi Database dengan Visual Basic 2008 dan SQL Server 2008. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Uus Rusmawan, 2010, Konsef dan Implementasi Visual Basic, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Winarto Edy, 2010, Dasar – Dasar Pemrograman Dengan Visual Basic 2010. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Yuhefizard, 2010, Database Management Menggunakan Access 2003, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Published
2019-04-30
How to Cite
Syafitri, Y., & ., E. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SISWA TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SMKN 1 KOTABUMI. Jurnal Cendikia, 17(1 April), 233-241. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/194
Section
Articles