ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM RESEP OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA SHORTEST JOB FIRST

Abstract views : 16 , PDF downloads : 14
  • Kusmiati Kusmiati AMIK Dian Cipta Cendikia
  • Rinto Priambodo AMIK Dian Cipta Cendikia

Abstract

Masalah antrian dapat terjadi di banyak kasus, di antaranya terdapat dalam proses pengambilan obat di rumah sakit oleh pasien. Pengambilan obat di bagian farmasi Rumah Sakit XYZ  mengalami antrian yang cukup lama dengan rentang waktu yang terlalu jauh. Pasien seringkali harus menunggu dalam waktu yang tidak pasti dan bahkan harus menunggu seharian sampai obat yang di tunggu dapat diambil. Penelitian ini bertujuan untuk membuat analisa dan perancangan sistem resep obat untuk mengatasi masalah antrian tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode algoritma Shortest Job First (SJF), yaitu algoritma penjadwalan proses yang ada di CPU di mana proses yang membutuhkan waktu layanan terkecil akan di proses terlebih dahulu. Walau sebelumnya ada proses yang belum selesai namun jika ada waktu layanan yang lebih kecil tiba maka waktu layanan yang sedang di jalankan proses tersebut langsung beralih pada waktu layanan yang lebih kecil. Sehingga akan menghasilkan waktu layanan rata-rata menjadi lebih kecil dan pendek untuk keseluruhan antrian. Dengan demikian maka algoritma SJF ini bisa dikatakan menjadi algoritma yang optimal untuk kebutuhan penjadwalan. Dalam penelitian dihasilkan sebuah analisa dan perancangan sistem resep obat yang menggunakan algoritma SJF. Hasil rancangan tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan sistem resep obat di rumah sakit.

References

Yasir Hasan “Aplikasi Pembelajaran sistem operasi dalam materi proses penjadwalan FCFS, SJF, dan ROUND ROBIN,” jurnal pelita informatika budi darma (STMIK), in 2012.

Girvandi Ilyas, “Penerapan algoritma penjadwalan prosesor tunggal shortest job fisrt,” makalah IF2211 strategi algoritma semester II-13515051, in 2017.

Aantomatika “Penjadwalan proses pada sistem operasi”, Aantomatika ruang untuk berbagi informatika&eksakta,in2017.

Monica Santika “Implementasi Algoritma shortest job fist dan Round Robin pada sistem penjadwalan pengiriman barang,” Ultimatics, in 2014.

Layla Hafni Nasution “Implementasi penjadwalan penggunaan laboratorium computer pada kampus (STMIK) budidarma dengan menggunakan metode shortest job first,” jurnal ilmiah INFOTEK, in 2016.

Hidayat Karuniawati “Evaluasi pelaksanaan standar pelayanan minimal (SPM) farmasi kategori lama waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di RSUD kota salatiga,” Kartika – Jurnal ilmiah farmasi, in 2016.

Puspa setia pratiwi, Andri lestari “E-Prescribing studi kasus perancangan dan implementasi sistem resep obat apotik klinik,” Indonesia jurnal on computer science – speed, in 2013.

Angelina Nasution 1, Taufik Baidawi “Sistem informasi penjualan obat berbasis Web pada apotek perwira jaya bekasi,” Informastics for educators and profesionals, in 2016.

Siti Farida, Desak Gede B, Krisnamurti, Rani Wardani Hakim Adisti Dwijayanti, Erni H, Purwaningsih “Implementasi peresepan eloktronik depatemen ilmu farmasi kedokteran,” in 2017.

Hanik Mujiati, Sukadi “Analisis dan perancangan sistem informasi stok obat pada apotek arjowinangun,” Jurnal bianglala informatika, in 2016
Published
2019-10-31
How to Cite
Kusmiati, K., & Priambodo, R. (2019). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM RESEP OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA SHORTEST JOB FIRST. Jurnal Cendikia, 18(1), 290-297. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/281
Section
Articles