SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET IT DI PT. NISSIN FOODS INDONESIA

Abstract views : 12 , PDF downloads : 9
  • Rico Lanjar Winata AMIK Dian Cipta Cendikia
  • Sarwati Rahayu AMIK Dian Cipta Cendikia

Abstract

PT. Nissin Foods Indonesia merupakan perusahaan manufaktur pemegang merek dagang tunggal mie “NISSIN” di Indonesia. Arahan manajemen perusahaan untuk melakukan efisiensi dan penghematan biaya menjadi hal yang harus dipikirkan oleh seluruh pihak di dalam perusahaan. Manajemen perusahaan menginginkan agar seluruh pihak dapat memaksimalkan penggunaan teknologi informasi. Peran teknologi informasi yang menjadi ujung tombak operasional perusahaan dan menjadi tolak ukur kemajuan perusahaan sehingga menjadi perhatian serius. Penelitian ini didasari dari permasalahan tersebut dengan mengaplikasikan solusi pada sisi teknologi informasi yang diharapkan secara tidak langsung berimbas pada meningkatnya keuntungan bisnis perusahaan. Jika ditangani dengan baik maka efisiensi yang diinginkan oleh manajemen akan tercapai. Efisiensi yang dimaksud dari sisi pekerjaan yang lebih cepat dan efektif yang kemudian searah dengan menurunnya biaya operasional perusahaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode prototype. Untuk menangani keluhan penggunanya departemen IT membutuhkan sistem informasi untuk mencatat aset IT yang dimiliki perusahaan untuk membantu dalam hal operasional dan pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu tim IT membuat sistem terkomputerisasi untuk mengurangi kesalahan data karena faktor human error. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan pada penelitian ini adalah prototype karena user tidak begitu mengetahui sistem komputer.

References

Aripiyanto, Saepul. 2017. Pengembangan Prototipe Sistem Informasi Monitoring Hardware IT Berbasis Web Dengan Metode Kano dan MVC Studi Kasus PT. Kalbe Morinaga Indonesia.

Endriawan, Wahyul Amien Syafei, R. Rizal Isnanto. 2013. Pengembangan Sistem Pemantauan Aset Teknologi Informasi (IT Facility Monitoring System) pada PT. Pertamina (Persero).

Fahmi, Amiq, Edi Sugiarto. 2016. Sistem Informasi Geografis untuk Pengelolaan dan Monitoring Persebaran Aset Wakaf.

Haryani. 2017. Sistem Informasi Pengelolaan Inventory Fxed Asset pada PT. ARK Logistics dan Tranport.

Mardiani,Gentisya Tri. 2013. Sistem Monitoring Data Aset dan Inventaris PT. Telkom Cianjur Berbasis Web

Nugraha, Fajar. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Mnajemen Aset Perguruan Tinggi Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW).

Nurdiyanto, Heri dan Heryanita Meilia. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil dan Menengah di Lampung Tengah Menggunakan AHP
Published
2019-10-31
How to Cite
Lanjar Winata, R., & Rahayu, S. (2019). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET IT DI PT. NISSIN FOODS INDONESIA. Jurnal Cendikia, 18(1), 330-337. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/287
Section
Articles