PERBANDINGAN SISTEM PENGAMANAN EMAIL MENGGUNAKAN TEKNIK PUBLIC KEY ENCRYPTION DAN PRETTY GOOD PRIVACY (PGP)

Abstract views : 163 , PDF downloads : 147
  • Andre Febrianto AMIK Dian Cipta Cendikia

Abstract

Pada AMIK Dian Cipta Cendikia dalam pengamanan email masih belum menggunakan manajemen perusahaan, sehingga dikhawatirkan ada seseorang atau sekelompok orang yang dengan sengaja merusak atau mengubah isi data keuangan tersebut. Salah satu metode pengamanan sistem informasi yang umum diketahui oleh banyak orang adalah password. Tanpa disadari password mempunyai peranan penting dalam mengamankan informasi-informasi yang sifatnya pribadi (confidential). Dalam penelitian yang dilakukan di AMIK Dian Cipta Cendikia, metode pengamanan email yang digunakan yaitu observasi (penelitian langsung) dan implementasi (penerapan dan pelaksanaan) dengan menggunakan dua software yaitu Public Key Encryption dan Teknik Pretty Good Privacy (PGP) pada AMIK Dian Cipta Cendikia Bandar Lampung. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pada AMIK Dian Cipta Cendikia dalam pengamanan email masih belum menggunakan manajemen pengamanan sehingga dibutuhkan pengamanan email dengan menggunakan Public-Key Encryption dan Teknik PGP, khususnya bagian keuangan. Karena dikhawatirkan ada seseorang atau sekelompok orang yang dengan sengaja merusak atau mengubah isi data keuangan tersebut. Berdasarkan dari uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Public-Key Encryption lebih mudah digunakan untuk mengamankan email dibandingkan teknik PGP. Selain itu, pengguna Public-Key Encryption lebih banyak dibandingkan Teknik PGP.

References

Ariyus, dony, kriptografi, keamanan data, dan komunikasi, Public Key Encryption Dan Pretty Goog PrivacyGraham ilmu, Yogyakarta, 2006.
Doni ariyus.. Computer Security. Andi Yogyakarta. 2006
Mico pardosi. Membuat Dan Mengirim Email. 2006
Rudi siahaan. Membuat email yang efektif. 2005
Published
2017-04-29
How to Cite
Febrianto, A. (2017). PERBANDINGAN SISTEM PENGAMANAN EMAIL MENGGUNAKAN TEKNIK PUBLIC KEY ENCRYPTION DAN PRETTY GOOD PRIVACY (PGP). Jurnal Cendikia, 13(2), 17-25. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/318
Section
Articles