SISTEM INFORMASI MONITORING DOSEN MENGGUNAKAN CODE IGNITER

Abstract views : 17 , PDF downloads : 17
  • Muhammad . Ma'mur AMIK Dian Cipta Cendikia
  • Rozali Sanjaya AMIK Dian Cipta Cendikia
Keywords: Extreme Programming, framework CodeIgneter, metode blackbok, fingeprint.

Abstract

Sistem Informasi Monitoring Dosen merupakan suatu sistem yang dibuat untuk mempermudah kegiatan penilaian terhadap kinerja dosen. Kegiatan evaluasi kinerja dosen merupakan rutinitas suatu perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas internal secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan studi pustaka, dan untuk pengembangan aplikasi menggunakan metode Extreme Programming (XP) yang mempunyai beberapa tahapan yaitu palnning, coding, design, dan testing. Aplikasi yang dibangun menggunakan alat fingerprint yang bebasis arduino sebagai alat input untuk mendukung PHP dan database menggunakan  MySql dengan framework CodeIgneter.Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi yang berbasis web yang dibantu dengan alat fingeprint sebagai media input kehadiran dosen sehingga memudahkan dosen untuk mencatat kehadiran dan mencatat materi pembelajaran serta memudahkan program studi sebagai lembaga penjaminan mutu internal untuk memonitoring dan menyusun laporan monitorong kehadiran dosen mengajar.

References

Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (Pkl) Pada Devisi Humas Pt. Pegadaian, 2(2), 12– 26
Ernawati, E., Johar, A., & Setiawan, S. (2019). Implementasi Metode String Matching Untuk Pencarian Berita Utama Pada Portal Berita Berbasis Android (Studi Kasus: Harian Rakyat Bengkulu). Pseudocode, 6(1), 77-82.
Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1).
Josi, A. (2017). Implementasi Framwork Boostrap Pada Website Stmik Prabumulih. Jurnal Mantik Penusa, 20(1).
Juansyah, A. (2015). Pembangunan aplikasi child tracker berbasis assisted-global positioning system (a-gps) dengan platform android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1-8.
Meytasari, M. (2016). Sistem Informasi E-Budgeting Anggaran Perjalanan Dinas Pada Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.[Skripsi] (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).
Novendri, M. S., Saputra, A., & Firman, C. E. (2019). Aplikasi Inventaris Barang Pada MTS Nurul Islam Dumai Menggunakan PHP Dan MYSQL. Lentera Dumai, 10(2).
Pamungkas, C. A. (2015). Pemanfaatan Codeigniter Framework dalam Membangun SMS Gateway Berbasis Gammu. Jurnal Informa, 1(1), 1-10.
Pamungkas, M. F. (2019). Rancang Bangun Kunci Pintu Dengan Sensor Fingerprint Berbasis Mikrokontroler Dengan Monitoring Ip Camera Pada Ruang L5 Jurusan Teknik Komputer Polsri (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
Suryaman, S., & Hamdan, H. (2016). Pengukuran Kinerja Dosen Unsera Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 179-196.
Suendri, S. (2019). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2(2), 1.
Published
2020-10-19
How to Cite
Ma’mur, M., & Sanjaya, R. (2020). SISTEM INFORMASI MONITORING DOSEN MENGGUNAKAN CODE IGNITER. Jurnal Cendikia, 20(1), 488-492. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/362
Section
Articles