PENGEMBANGAN APLIKASI PRODUKSI PADA RESTORAN D’COST BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN JAVA

Abstract views : 16 , PDF downloads : 14
  • Ema Nisraina AMIK Dian Cipta Cendikia
  • Pitrawati . AMIK Dian Cipta Cendikia
Keywords: Aplikasi, Extreme Programming,Produksi,Java.

Abstract

Restoran D’Cost Lampung saat ini sebagai perusahaan yang melakukan produksi atas produknya sendiri, segala aktivitas dan biaya produksi harus diperhatikan oleh perusahan. Dalam penentuan beban pokok produksinya dilakukan dengan cara mengumpulkan semua biaya yang terjadi pada setiap akhir bulan dan membebankan pada produk yang dihasilkan pada bulan tersebut. Namun dalam pengumpulan biaya yang terjadi, belum diadakan penggolongan biaya-biaya dengan jelas, terutama untuk biaya non produksi sehingga terdapat unsur biaya non produksi yang dimasukkan dalam elemen biaya pokok produksi. Bagi D’COST semua biaya yang terjadi pada periode yang bersangkutan diperlakukan sebagai biaya produksi pada periode tersebut. Hal ini akan mengakibatkan ketidaktepatan dalam perhitungan beban pokok produksi, beban produksi yang sesungguhnya terjadi karena adanya unsur biaya yang seharusnya tidak dimasukkan dalam perhitungan beban pokok produksi.Metode pengembangan menggunakan Metode Extreme Programming (XP).  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi untuk pengolohan data beban pokok produksi sehingga menghasilkan laporan beban pokok produksi. Alat pengembangan sistem yang digunakan yaitu usecase, class diagram dan activity diagram. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah java programming.Hasil dari penelitian ini menghasilkan aplikasi pengolahan data perhitungan Beban Pokok Produksi pada D’COST Bandar Lampung. Aplikasi ini mampu membantu dalam penginputan data Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung, dan Biaya Overhead Pabrik.

References

Carter, William K dan Milton F. Usry. 2014.Akuntansi Biaya, Penerjemah : Krista, Buku 1, Edisi Ketiga Belas, Salemba Empat, Jakarta.
Kuswadi. 2005. Meningkatkan Laba Melalui Pendekatan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Moh. Nazir. 2014. Metodologi Penelitian, Ghalia Indonesia, Bogor
Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN
Safaat H, Nazruddin, 2015, Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform, Informatika, Bandung
Salman, Kautsar.(2013). Akuntansi Biaya.Cetakan Pertama. Jakarta: Akademia Permata
Published
2020-10-19
How to Cite
Nisraina, E., & ., P. (2020). PENGEMBANGAN APLIKASI PRODUKSI PADA RESTORAN D’COST BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN JAVA. Jurnal Cendikia, 20(1), 493-499. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/363
Section
Articles