Sistem Pelaporan Kesehatan Ibu dan Anak Berbasis Web (Studi Kasus: Bidan Desa Sinar Palembang Lampung Selatan)

Abstract views : 32 , PDF downloads : 53
  • Sevi Andriasari
Keywords: bidan desa; ibu dan anak; pelaporan; pelayanan; teknologi informasi

Abstract

Saat ini pelayanan kesehatan Ibu dan Anak di Bidan Desa Sinar Palembang terus menghadapi tantangan dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Untuk mengatasi tantangan tersebut, salah satunya dengan mengembangkan sistem pelaporan kesehatan Ibu dan Anak. Metode yang digunakan untuk mengembangkan sistem ini adalah eXtreme Programming (XP) dengan tingkatan seperti desain, analisis, perencanaan, implementasi, evaluasi, penyebaran dan perawatan. Serta metode perancangan menggunakan Use Case Diagram, Aktivity Diagram, Class Diagram dan perencanaan implementasi. Setelah membangun sistem informasi untuk mengelola pelaporan kesehatan Ibu dan Anak, permasalahan yang ada dapat diatasi dengan sistem pendataan pasien, yang dapat diolah dengan cepat dibandingkan dengan menggunakan sistem secara manual, dirancang dan direkayasa terkait permasalahannya yang bertempat di Desa Bidan Sinar Palembang Lampung Selatan, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi pasien secara umum termasuk juga pelayanannya.

References

Hatta, G. “Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan,” Jakarta: UI-Press. 2014.
Satrianegara, M. Fais. “Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Teori dan Aplikasi dalam Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit”, Jakarta: SalembaMedika, 2014.
Mubarak, WI. “Ilmu Kesehatan Masyarakat”, Jakarta: Salemba Medika, 2012.
Kusumadewi S, dkk. “Informatika Kesehatan”, Yogyakarta: GrahaIlmu. 2009.
Depkes RI. “Pedoman Pelaksanaan Program Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi (RSSIB), Jakarta: Depkes RI, 2009.
Rustiyanto, Ery. “Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Yang Terintegrasi.” Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2010.
Sari, I. R., &Nugraha, F. “Sistem Informasi Pencatatan Dan Pelaporan Puskesmas Program Kesehatan Ibu Dan Anak Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus”, Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(1), 251-256. 2016.
Latifah, N. “Perancangan Sistem Informasi Catatan Kesehatan Ibu Hamil Dan Ibu Bersalin Berbasis Sms Notifikasi”, Jurnal DISPROTEK, 10(1), 17-22. 2019.
Mandriwati. “Asuhan Kebidanan Antenatal”, Edisi 2. Jakarta: EGC, 2012.
Asrinah. “Asuhan Kebidanan Masa Persalinan”, Yogyakarta
Published
2021-11-05
How to Cite
Andriasari, S. (2021). Sistem Pelaporan Kesehatan Ibu dan Anak Berbasis Web (Studi Kasus: Bidan Desa Sinar Palembang Lampung Selatan). Jurnal Cendikia, 21(2), 13-16. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/386
Section
Articles