PENERAPAN APLIKASI UJIAN SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID PADA SDN GOTONG ROYONG BANDAR LAMPUNG

Abstract views : 36 , PDF downloads : 30
  • Apriyan Aryatama
  • Hilda Dwi Yunita
Keywords: Ujian Online, Android

Abstract

Ujian merupakan salah satu kegiatan pelaksanaan kurikulum yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Ujian sekolah ini biasanya dilakukan dengan menggunakan kertas dengan sistem pengerjaannya secara tertulis dan biasanya terdapat tipe soal yaitu pilihan ganda dan essai. SDN Gotong Royong merupakan lembaga pendidikan tingkat dasar bertempat di Jl. M. Husni Thamrin No.73 Gotong Royong.  Saat ini sistem ujian sekolah seperti ujian tengah semester dan ujian akhir semester yang dilakukan pada SDN Gotong Royong masih bersifat manual, yaitu menggunakan kertas sehingga tidak efisien dalam penggunaan kertas, selain itu para guru akan menambah jam kerja untuk mengoreksi hasil ujian siswa, kemudian ketika dilaksanakan ujian akan terjadi kegaduhan karena ada sebagian siswa yang mencontek. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibutuhkan suatu rancang bangun aplikasi ujian online berbasis android. dengan memaksimalkan handphone android yang dimiliki oleh siswa maka ujian online bisa menggunakan handphone yang ada pada siswa, sehingga permasalahan pada saat ujian bisa teratasi. Hasil  dari penelitian ini adalah dapat mempermudah siswa dalam melakukan latihan dan ujian terutama saat pandemi covid ini. Sehingga siswa tetap bisa ujian dan belajar di rumah

References

Arifianto, Teguh. 2017. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta: Andi Publisher.
Bunafit Nugroho. 2018. Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver MX(6, 7, 2004) dan 8. Gava Media. Yogyakarta.
Dhanta. 2017. Pengantar Ilmu Komputer. Surabaya: Indah.
Dian, Pramana, & Damarayana, P. D. 2018. Implementasi Gamification Pada Aplikasi Ujian Online Berbasis Website. Semnasteknomedia Online, 6(1), 2-14.
Harmadya, M. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Tryout Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berbasis Android. Lontar Komputer, 6(2), 108-119.
Hermawan S, Stephanus. 2017. “Mudah Membuat Aplikasi Android”. Yogyakarta: Andi Offset.
Jogiyanto, HM. 2017. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: C.V.Andi Offset.
Lubis, I (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201.
Nazruddin Safaat H. 2017 (Edisi Revisi). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.
Padli Nasution, M. I. (2016). Strategi pembelajaran efektif berbasis mobile learning pada sekolah dasar. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 10(1), 1-14.
Raivan, Saputra, R90. 2020. Aplikasi Ujian Online Berbasis Android Menggunakan Fitur Aksesbilitas Khusus Tunanetra. Voteteknika: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 8(1), 98-105.
Rosa AS & M Shalahudin. 2017 Rekayasa Perangkat Lunak (Tersetruktur dan Berorientasi Objek).. Informatika. Bandung.
Susilowati, S., & Hidayat, T. 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Ujian Online (Studi Kasus Pada Sman 58 Jakarta). Jurnal Teknik Komputer, 4(1), 30-36.
Published
2021-11-11
How to Cite
Aryatama, A., & Yunita, H. (2021). PENERAPAN APLIKASI UJIAN SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID PADA SDN GOTONG ROYONG BANDAR LAMPUNG. Jurnal Cendikia, 21(2), 27-34. Retrieved from https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/391
Section
Articles